PENAPISAN JAMUR DAN BAKTERI ANTAGONIS TERHADAP JAMUR AKAR PUTIH (Rigidoporus microporus) DARI RIZOSFER TANAMAN LIDAH MERTUA (Sansevieria trifasciata Prain)

Authors

  • Tri Rapani Febbiyanti Balai Penelitian Sembawa, Pusat Penelitian Karet

DOI:

https://doi.org/10.22302/ppk.jpk.v30i1.115

Keywords:

Hevea brasiliensis, jamur akar putih, bakteri, jamur, penapisan, Sansevieria trifasciata

Abstract

Penyakit akar putih yang disebabkan oleh jamur Rigidoporus microporus merupakan salah satu penyakit penting diperkebunan karet karena mengakibatkan kerugian yang cukup berarti. Mulai tahun 2003, Balai Penelitian Sembawa telah memperoleh suatu pengendalian alternatif yang murah, mudah didapat dan diterapkan di perkebunan rakyat yaitu pemanfaatan tumbuhan antagonis. Tumbuhan antagonis adalah suatu tumbuhan dari alam sekitar yang mempunyai kemampuan untuk menekan atau menghambat perkembangan penyakit akar putih. Tumbuhan antagonis memberikan pengaruh langsung dan tidak langsung terhadap perkembangan jamur akar putih dalam tanah. Faktor utama yang berpengaruh secara langsung adalah eksudat akar yang bersifat antibiotik, sedangkan faktor sekunder yang berpengaruh secara tidak langsung adalah sifat biokimia-fisik tanah. Dari 12 tumbuhan antagonis yang telah diuji di lapangan, lidah mertua merupakan tanaman yang paling efektif  dalam mengendalikan jamur akar putih karena tanaman tersebut lebih tahan terhadap kondisi lingkungan yang ektrim dan adanya zat anti mikroba pada tumbuhan ini.  Penelitian ini bermaksud mengeksplorasi jamur dan bakteri yang terdapat di rizosfer tanaman lidah mertua secara laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa terdapat 11 jenis bakteri dan 7 jenis jamur yang diperoleh dari rizosfer  lidah mertua.  Dari 11 isolat bakteri tersebut, 4 diantaranya tergolong bakteri gram positif dan 7 tergolong bakteri gram negatif, kemudian terdapat suatu interaksi antagonisme antara isolat bakteri L. M. 5 dan L. M. 6 dengan jamur Rigidoporus microporus. Kemudian, dari 7 isolat jamur yang ditemukan terdapat 4 isolat jamur yang merupakan jamur antagonis terhadap jamur Rigidoporus microporus.

 

Diterima : 11 April 2012; Disetujui : 10 Juli 2012

How to Cite : Febbiyanti, T. R. (2016). Penapisan jamur dan bakteri antagonis terhadap jamur akar putih (Rigidoporus microporus) dari rizosfer tanaman lidah mertua (Sansevieria trifasciata Prain). Jurnal Penelitian Karet, 30(1), 1-11. Retrieved from http://ejournal.puslitkaret.co.id/index.php/jpk/article/view/115

Downloads

Published

2021-01-31

Issue

Section

Original Research Article