DAMPAK POLA PEREMAJAAN PARTISIPATIF TERHADAP PERKEMBANGAN PERKEBUNAN KARET RAKYAT DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU, SUMATERA SELATAN

Lina Fatayati Syarifa, Dwi Shinta Agustina, Aprizal Alamsyah, Iman Satra Nugraha

Abstract


Penerapan pola peremajaan karet partisipatif di Kabupaten OKU telah berjalan lebih kurang 10 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan penerapan model peremajaan karet partisipatif, serta dampaknya terhadap perkembangan perkebunan karet rakyat di Kab. OKU. Penelitian dilakukan dengan metode survey di desa-desa yang menerapkan pola peremajaan karet partisipatif. Pemilihan responden dilakukan secara acak yaitu memilih 10 petani peserta program dan 5 petani non peserta program yang berada disekitar proyek di setiap desa. Selanjutnya analisis data dilakukan secara deskriptif. Dari hasil pengamatan disimpulkan bahwa proyek peremajaan partisipatif di Kab. OKU telah memberikan dampak positif terhadap petani peserta proyek dan lingkungan sekitarnya, hal ini nampak dari adanya perluasan areal penanaman karet di desa, bertambahnya areal karet klonal yang dimiliki petani, meningkatnya pengetahuan dan adopsi petani peserta dan non peserta terhadap teknologi perkaretan, dan meningkatnya pengetahuan petani dalam akses perbankan. Namun demikian, petani masih memerlukan pelatihan yang lebih  intensif dalam hal penyadapan dan pengendalian penyakit karet. Untuk keberlanjutan program peremajaan, pemerintah daerah setempat telah banyak memfasilitasi kebijakan program pengembangan karet melalui pembiayaan program bantuan bibit untuk kebun usahatani dan pembibitan, serta pelatihan bagi para petugas teknis dan petani karet.

Kata Kunci: Karet; dampak; peremajaan; partisipatif


Keywords


rubber; impact; repalnting; participatory

References


Anwar, C. C, Nancy. dan S. Hendratno. 1995. Studi Perkembangan Adopsi Budidaya Karet pada Beberapa Proyek Pengembangan Karet di Sumatera Selatan. Laporan Hasil Penelitian Balai Penelitian Sembawa.

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan. 2013. Statistik Perkebunan 2013. Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Palembang.

Badan Pusat Statistik. 2013. Statistik Karet Indonesia 2013. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Gabungan Perusahaan Karet Indonesia. 2008. Bulletin Karet. Gabungan Perusahaan Karet Indonesia, Jakarta.

Gabungan Perusahaan Karet Indonesia. 2015. List of Members Gapkindo 2015.Gabungan Perusahaan Karet Indonesia, Jakarta.

Supriadi, M., G, Wibawa. dan C, Nancy. 1999. Percepatan Peremajaan Karet Melalui Penerapan Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Perkebunan. Prosiding Lokakarya dan Ekspose Teknologi Perkebunan. Buku I. Model Peremajaan Karet Rakyat Secara Swadaya. ISBN No. 979-95873-0-1 dan 979-95873-1-X. Hal: 45-69. AP2I.

Supriadi, M., C, Nancy. A, Gunawan. I, Boerhendhy. M.J,. Rosyid. dan M, Lasminingsih. 2003. Laporan Studi Karakterisasi Calon Petani Peserta Proyek Peremajaan Karet Partisipatif di Kabupaten OKU, Sumatera Selatan. Laporan Hasil Penelitian, Tidak Dipublikasi.

Supriadi, M. dan C, Nancy. 2005. Model Peremajaan Karet Partisipatif: Perkembangan dan Tantangan Penerapannya. Warta Perkaretan, 24 (1) :1-13.

Supriadi, M., C, Nancy. G, Wibawa dan A, Gunawan. 2006. Pedoman Umum Penerapan Model Peremajaan Karet Partisipatif. Balai Penelitian Sembawa. Pusat Penelitian Karet.




DOI: http://dx.doi.org/10.22302/ppk.jpk.v1i1.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Jurnal Penelitian Karet is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Based on a work at http://ejournal.puslitkaret.co.id/index.php/jpk.

View My Stats

 

Jurnal Penelitian Karet (p-ISSN : 0852-808X ; e-ISSN : 2503-0469)

Pusat Penelitian Karet, PT. Riset Perkebunan Nusantara

Jalan Salak Nomor 1 Bogor 16151 Jawa Barat Indonesia

Telp : +62 251 8319817 ; Fax : +62 251 8324047

Email : jurnal.karet@puslitkaret.co.id