STUDI KINERJA KOMPON KARET ALAM TANPA BAHAN PENGISI SEBAGAI BAHAN PEMODIFIKASI ASPAL PANAS

Authors

  • Henry Prastanto Pusat Penelitian Karet Jalan Salak Nomor 1 Bogor 16151 Jawa Barat
  • Yusep Firdaus Balai Bahan dan Perkerasan Jalan, Puslitbang Jalan dan Jembatan Jalan AH Nasution Nomor 264 Ujung Berung Bandung 40294 Jawa Barat
  • Santi Puspitasari Pusat Penelitian Karet Jalan Salak Nomor 1 Bogor 16151 Jawa Barat
  • Arief Ramadhan Pusat Penelitian Karet Jalan Salak Nomor 1 Bogor 16151 Jawa Barat
  • Asron Ferdian Falaah Pusat Penelitian Karet Jalan Salak Nomor 1 Bogor 16151 Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.22302/ppk.jpk.v36i2.549

Keywords:

Aspal karet, kompon karet SIR 20, penetrasi, titik lembek, vulkanisasi

Abstract

Karet alam berpotensi digunakan sebagai bahan aditif dalam pembuatan aspal modifikasi polimer. Dalam penelitian ini telah diujicobakan penambahan kompon karet alam berbasis karet SIR 20 pada konsentrasi 3%, 5%, 7% dan 9% dalam aspal penetrasi 60 pada suhu 150oC sebagai upaya dalam pembuatan aspal karet. Sedangkan kecepatan pengaduk pada mesin pencampurkan divariasikan pada 1000 rpm, 2000 rpm, 4000 rpm, 6000 rpm, 8000 rpm, dan 10000 rpm. Kompon karet SIR diformulasikan berdasarkan sistem vulkanisasi yaitu konvensional (KP1) dan semi effisien (KP2). Penilaian mutu aspal karet ditentukan berdasarkan pengujian sifat fisik aspal karet tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa kecepatan pengaduk pada mesin pencampur aspal karet yang teroptimal sebesar 6000 rpm.  Selanjutnya menurut hasil karakterisasi sifat fisik aspal karet diperoleh bahwa kompon karet SIR 20 yang dihasilkan dari sistem vulkanisasi semi effisien (KP2) dengan dosis 5-7% dapat membentuk aspal karet dengan kualitas terbaik ditunjukkan oleh penurunan penetrasi yang diikuti dengan peningkatan nilai titik lembek, indeks penetrasi dan elastic recovery serta sifat kestabilan aspal karet selama penyimpanan dan akibat pengaruh pemanasan berulang yang relatif baik.

Downloads

Published

2018-12-30

Issue

Section

Original Research Article