PENGEMBANGAN LEMBAGA UNIT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN BAHAN OLAH KARET DI SUMATRA SELATAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22302/ppk.jpk.v41i2.883

Keywords:

bokar, pelembagaan, petani karet rakyat , UPPB

Abstract

Keberadaan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bahan olah karet rakyat (UPPB) di wilayah sentra produksi karet rakyat akan sangat mendukung peningkatan mutu bahan olah karet rakyat (bokar) di tingkat petani dan memberikan posisi tawar harga yang tinggi kepada petani. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi respons petani karet terhadap empat komponen lembaga (sistem norma, personel, peralatan fisik, dan kelakuan berpola), mengetahui komponen kelembagaan yang memengaruhi pelembagaan sistem norma UPPB, dan menganalisis dinamika kelembagaan terkait perkembangan UPPB di kalangan petani karet. Kajian ini menggunakan paradigma konstruktivisme untuk mengungkap realitas sosial masyarakat yang diteliti. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kegiatan UPPB, wawancara mendalam dengan petani karet rakyat dan para stakeholder dengan cara purposive sampling, diskusi terfokus, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data kualitatif, triangulasi, dan analisis induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa petani karet tidak memberikan respons positif terhadap keberadaan UPPB, komponen personel lebih berpengaruh terhadap respons pelembagaan, dan pengembangan UPPB mengalami kegagalan. Pengembangan UPPB membutuhkan komitmen para pihak untuk menjamin peningkatan kapasitas sumber daya petani karet dan stabilitas bagian harga tinggi yang diterima UPPB melalui kolaborasi pemangku kepentingan yang berkelanjutan.

References

Agustina, D. S., Alamsyah, A., & Nugraha, I. S. (2017). Material and farmers’ share through the organized marketing system (case study in South Sumatra Province, Indonesia). Proceedings of International Rubber Conference 2017 (pp. 583-592). Jakarta, Indonesia: Indonesian Rubber Research Institute dan IRRDB.

Alamsyah, A., Nugraha, I. S., Agustina, D. S., & Vachlepi, A. (2017). Tinjauan penerapan unit pengolahan dan pemasaran bokar untuk mendukung gerakan nasional bokar bersih di Sumatera Selatan. Warta Perkaretan, 36(2): 159-172.

Antoni, M., & Tokuda, H. (2019). Indentification of obstacles and drivers of smallholder rubber farmer to become members of a processing and marketing unit in Indonesia. Applied Economics and Finance, 6(2). RedFame Publishing.

Dirjenbun. (2022). Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2021-2023. Jakarta: Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Effendy, L., & Mustofa, R. (2020). Model pengembangan kelembagaan petani menuju kelembagaan ekonomi petani di Kecamatan Sindangkasih Ciamis. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 6(1): 38-47.

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pertanian No. 38 Tahun 2008 tentang Pedoman Pengolahan dan Pemasaran Bahan Olah Karet. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Khin, A. A., Jacob, J., Teng, K. L. L., Bin, R. L. L & Chau, W. H. (2018). Forecasting technology using for dynamic natural rubber production models in selected asean countries and world market. Advanced Science Letters, 24(5): 3368-3373.

Koentjaraningrat. (2000). Kebudayaan, Mentalitas dan Pembangunan. Gramedia. 14-15

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. London: Sage.

Meilandi, I., Kolopaking, L. M., & Lubis, D. P. (2020). Institutional development strategies for internet provision in digital communities and villages (study in inter-village owned enterprises, Panca Mandala, Tasikmalaya Regency. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 10(1): 159-178.

Nugraha, I. S., & Alamsyah, A. (2019a). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan petani karet di Desa Sako Suban, Kecamatan Batang Hari Leko, Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 24(2): 93-100.

Nugraha, I. S., & Alamsyah, A. (2019b). Dampak program pengembangan kebun karet rakyat terhadap tingkat kesejahteraan petani karet di wilayah operasional migas di Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 18(1): 41-50.

Syarifa, L.F., Agustina, D.S., Alamsyah, A., & Nugraha, I.S. (2016). Potensi dan kendala dalam penguatan dan penumbuhan kelompok pemasaran bahan olah karet terorganisir di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Penelitian Karet, 34(2): 237-246.

Ritzer G. 2012. Teori Sosiologi. Dari Sosiologi klasik sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edisi kedelapan (terjemahan). Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Yuningtyas, C. V., Hakim, D. B., & Novianti, T. (2019). Integrasi pasar karet alam indonesia dengan pasar dunia. Jurnal Penelitian Karet, 37(2): 139-150.

Downloads

Published

2023-12-12

Issue

Section

Original Research Article